3 Hal Yang Membuat Kita Selalu Bersemangat

Dalam menjalani kehidupan ini pasti kita mempunyai sebuah impian dan cita-cita yang kita raih. Kadang perjalanan menuju impian itu kita akan merasa lelah dalam menggapainya atau kehilangan semangat dalam menjalani kehidupan ini. Ada 3 hal yang bisa menjaga semangat kita agar selalu siap dalam menjalani atau meraih cita-cita dalam kehidupan ini :
Yang pertama adalah kita harus selalu berbaik sangka kepada siapapun. Baik itu berbaik sangka kepada Allah maupun kepada manusia. Dengan berbaik sangka kepada Allah maka tidak ada yang perlu kita kuatirkan dalam menjalani kehidupan ini. Kita harus yakin bahwa apa yang terjadi saat ini adalah yang terbaik buat kita meskipun menurut kita nasib kita saat ini kurang beruntung dari orang lain. Salah satu cara untuk berbaik sangka kepada Allah adalah dengan selalu menghitung-hitung nikmat yang diberikan kepada kita. Misalnya ketika bangun tidur nikmat yang diberikan Allah adalah nikmat masih bisa menghirup udara yang segar bayangkan jika kita sakit nafas di rumah sakit kemudian apabila bernafas harus memakai tabung oksigen dan tabung oksigen itu harganya 1 juta rupiah berapa uang yang harus kita keluarkan hanya untuk sekedar bernafas. Sedangkan Allah memberikannya secara gratis kepada kita setiap hari dan masih banyak nikmat-nikmat Allah yang lain . Begitulah dengan selalu menghitung-hitung nikmat yang diberikan oleh Allah maka kita akan merasa bersyukur bahwa Allah masih sayang kepada kita. Ternyata nasib kita sekarang ini masih lebih baik dibandingkan dengan orang lain.
          Berbaik sangka kepada manusia dapat kita lakukan dengan merasa gembira ketika sahabat atau tetangga kita mendapat nikmat dan merasa sedih ketika sahabat atau tetangga kita mendapat musibah. Bisa kita lakukan juga ketika kita sebelum tidur kita coba dengan memaafkan semua kesalahan orang lain kepada kita hari ini. Ada sebuah kisah dari sahabat Rosulullah Saw. suatu saat ketika Rosulullah bersama sahabat-sahabat bersama di masjid Rosulullah berkata bahwa akan ada seorang yang ahli surga yang akan memasuki masjid. Akhirnya seseorang yang dikatakan ahli surga oleh Rosulullah pun masuk. Karena penasaran kepada ahli surga tadi amalan apa yang membuat dirinya dikatakan ahli surga seorang sahabat Rosulullah yang bernama Ibnu Abbas meminta izin kepadanya untuk ikut tinggal bersamanya selama 3 hari di rumahnya. Setelah 3 hari tinggal bersama ahli surga tadi ternyata tidak ada amalan yang spesial yang dilihat oleh Ibnu abbas. Sholat tahajud kadang dilakukan kadang tidak, akhirnya Ibnu abbas bertanya kepada sahabat tadi mengapa engkau dikatakan oleh Rosulullah sebagai ahli surga padahal selama aku bersamamu selama 3 hari amalanmu biasa-biasa saja bahkan hampir sama dengan kami. Sahabat tadi pun menjawab memang tidak ada amalan khusus yang aku lakukan tapi ada satu kebiasaan yang rutin aku lakukan sebelum tidur yaitu aku selalu mendoakan sahabat-sahabatku dan memaafkan mereka apabila mereka punya kesalahan. Mungkin amalan itulah yang membuat sahabat tadi bisa menjadi salah satu ahli surga. Kebiasaan ini bisa kita lakukan juga ketika mau tidur, dengan memaafkan dan mendoakan kebaikan kepada sahabat kita atau orang yang melakukan kesalahan serta membuat kesal kita maka beban masalah dan kekesalan kita akan terasa hilang dan tidur pun menjadi optimal. Ketika kita tidur tidak ada masalah dan beban yang akan kita pikirkan ketika bangun tubuh kita pasti terasa sehat dan bugar maka itu yang akan membuat diri kita menjadi semangat.
          Yang kedua agar kita selalu bersemangat adalah selalu membiasakan sholat malam atau tahajud. Banyak keutamaan dari sholat tahujud yang bisa kita baca di al qur’an atau hadits Rosulullah kita bisa mencarinya di google atau buku tentang fadhilah sholat tahajud. Coba kita praktekkan sehari tanpa sholat tahajud dan sehari tidak melakukan sholat tahajud. Pasti perbedaan dalam menjalani hari itu sangat besar, kalau kita tahajud malamnya di siang harinya kita akan bersemangat dan antusias dalam menjalani aktivitas-aktivitas kita tapi jika kita ketinggalan dalam melaksanakan tahajud malamnya kita bisa merasa sangat malas di hari itu bahkan untuk sholat shubuh kita merasa sangat ngantuk. Kita bisa memulai hari ini bisa membiasakan untuk sholat tahajud agar kita bisa selalu tetap bersemangat dalam menjalani hari-hari.
          Yang ketiga agar kita selalu bersemangat adalah selalu membiasakan untuk tilawah atau membaca al qur’an minimal 1 juz setiap harinya. Kebiasaan membaca al qur’an telah dilakukan para sahabat Rosulullah sejak dahulu ada yang khatam 3 hari, 7 hari, 14 hari dan minimal dalam 30 hari atau 1 bulan. Kita bisa lihat hasilnya kalau para sahabat-sahabat Rosulullah dulu menjadi orang-orang hebat. Ada yang menjadi panglima perang, gubernur, ulama, dan masih banyak lagi. Kebiasaan itu pun bisa kita lakukan, kita luangkan waktu 1 jam sehari untuk membaca 1 juz al qur’an bisa kita baca ketika sehabis sholat shubuh sebelum menjalani aktivitas atau jika berat membaca 1 juz langsung kita bisa membaginya dalam 5 waktu sehabis sholat wajib. Apabila kita bisa melakukannya selama 30 hari dan khatam insya Allah kita akan selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan. Seberat dan serumit apapun masalah kita pasti akan terasa ringan serta akan mudah mendapatkan jalan keluar yang tak disangka-sangka.

          Sekian dulu artikel dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua apabila ada kritikan, masukan, pertanyaan, curhatan, atau apalah bisa mengirimkan email kepada saya di indahnyaramadhan@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Kebun Emas 250 x 250